Jayapura (ANTARA) - Panglima Komando Operasi Habema Brigadir Jenderal TNI Lucky Avianto mengatakan keberadaan Satgas Yonif 6 Marinir di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, memberikan rasa aman bagi masyarakat, termasuk warga Keikey .

Lucky berharap kegiatan patroli yang digalakkan sekaligus menyapa masyarakat dapat terjalin komunikasi antara prajurit dengan warga sekitarnya.

"Satgas Yonif 6 Marinir itu tergabung dalam Komando Operasi TNI Habema yang secara aktif melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan mobil RI-Papua Nugini, khususnya di wilayah Kabupaten Yahukimo," kata Lucky Avianto dalam keterangan tertulisnya diterima di Jayapura, Papua, Sabtu.

Ia mengatakan kegiatan yang dilakukan prajurit satgas itu sebagai implementasi kegiatan teritorial bertajuk "Sapa Damai Papua" yang merupakan salah satu program unggulan Komandan Satgas Yonif 6 Marinir Letnan Kolonel Marinir Rismanto Manurung.

Dengan aktif melakukan patroli diharapkan dapat mewujudkan situasi Papua yang aman dan damai.

"Prajurit baret ungu di wilayah Kampung Keikey memanfaatkan waktu patroli dengan memberikan sapa damai kepada para warga yang dijumpai di sepanjang lokasi patroli, namun tetap mengedepankan aspek pengamanan," kata Lucky.

Kegiatan yang dilaksanakan anggota Yonif 6 Marinir dengan berjabat tangan dan berdialog disambut hangat warga. Apalagi dalam berkomunikasi itu, tim patroli Satgas Yonif 6 Marinir melakukan dengan sopan sehingga warga menyambut dengan suka cita.

Salah satu warga bernama Damingus Busup yang bekerja sebagai staf di Kantor Distrik Dekai menyampaikan rasa terima kasihnya kepada anggota Satgas Yonif 6 Marinir yang berpatroli.

"Terima kasih bapak tentara yang sudah menyapa kami hingga warga bisa mengenal dengan lebih baik," kata Damingus Busup.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024