Jayapura (ANTARA) - PT PLN Unit Pelayanan Pelanggan (UP3) Wamena menggelar simulasi penanggulangan kebakaran dengan bekerja sama dengan Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Jayawijaya bertempat di halaman Kantor PLN UP3 Wamena, Papua Pegunungan, pada Jumat (28/6).

General Manager PLN UIW Papua dan Papua Barat, Budiono di Jayapura, Senin, mengatakan simulasi ini penting dilakukan guna meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan para pegawainya dalam menghadapi musibah kebakaran.

“Kegiatan ini penting untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para pegawai tentang bahaya kebakaran serta bagaimana cara mengatasinya dengan begitu dapat meminimalisir risiko yang terjadi,” katanya.

Menurut Budiono, ke depannya pihaknya juga berencana mengadakan simulasi lain terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), yang berfokus pada langkah-langkah pencegahan dan penanganan kecelakaan kerja.

“Rencana tersebut akan kami lakukan bersama dengan pihak TNI, Polri dan Tenaga Medis untuk melaksanakan pelatihan tanggap darurat di lingkungan kerjanya,” ujarnya.

Sementara itu, Manajer PLN UP3 Wamena, Dani Tabianus Womsiwor mengatakan pelatihan ini merupakan salah satu langkah penting PLN untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja.

“Sehingga diharapkan dengan pelatihan ini, seluruh pegawai PLN dapat mengetahui dan memahami bagaimana cara menghadapi dan menangani kebakaran dengan baik, baik di lingkungan kerja maupun di tempat lain," katanya.

Menurut Dani, dalam pelatihan ini petugas damkar juga membagikan tip dalam menghadapi bencana kebakaran yang mana salah satunya agar untuk tetap tenang dan tidak panik saat menghadapi situasi tersebut.

“Serta ada juga beberapa langkah penting yang perlu dilakukan saat terjadi kebakaran, seperti memahami ‘Segitiga Api’ (panas, bahan bakar, oksigen) yaitu elemen-elemen yang menyebabkan terjadinya kebakaran,” ujarnya.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024