Sentani (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Papua, Triwarno Purnomo meminta dukungan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk inovasi setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Dukungan anggaran itu sangat penting supaya OPD bersemangat dalam membuat inovasi program dan kegiatan setiap tahunnya,” kata Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Rabu.

Menurut dia,  35 OPD teknis seperti badan dan dinas ditambah 19 distrik harus mampu menciptakan kreasi, sehingga tujuan kesejahteraan kepada masyarakat di 19 distrik terwujud.

“Kegiatan itu jangan diulang-ulang setiap tahunnya, nanti akan terlihat monoton dan tidak berkembang, sehingga berdampak pada aplikasi di tengah masyarakat,” ujar Triwarno Purnomo.

Dia menjelaskan inovasi seperti yang telah dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) telah membuat sistem terintegrasi pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) dengan rumah sakit dan puskesmas yang disebut Sitanduk Rusa Emas.

“Terobosan seperti inilah yang mampu merangsang pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), serta menciptakan integrasi yang mudah di antara OPD,” kata Triwarno Purnomo.

Dia menambahkan pihaknya juga berharap Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) harus lebih selektif mengakomodir setiap program pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten.

“Program pengulangan dari tahun sebelumnya sebaiknya dievaluasi, itu mendorong OPD lebih kreatif lagi dalam merancang inovasi pada yang bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat,” ujar Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024