Sentani (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Silas Papare Jayapura Provinsi Papua menggelar pengobatan gratis dan pembagian bahan pokok bagi warga setempat.

Kegiatan screening kesehatan, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut dan pembagian bahan pokok dalam program serbuan teritorial TNI 2024 dalam rangka Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-77 di Lanud Silas Papare Jayapura pada Sabtu (20/7).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Silas Papare Jayapua Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah di Sentani, mengatakan kegiatan ini dilakukan setiap tahunnya di seluruh Indonesia termasuk Papua.

“Kegiatan seperti ini dilakukan setiap tahun, tetapi ada yang luar biasa karena kami diberikan program serbuan teritorial untuk membantu sesama di daerah ini,” katanya.

Menurut Indan, Angkatan Udara (AU) memiliki dua hari besar setiap tahunnya yakni hari lahir TNI AU yang digelar setiap 9 April dan hari bakti yang diselenggarakan pada 29 Juli.

“Dengan hari besar ini diharapkan TNI AU dapat memberikan dukungan dan kontribusi dalam mendukung dan membantu kesejahteraan dan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Dia menjelaskan hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah serbuan teritorial yang pihaknya khususkan untuk ketahanan pangan membantu pembuatan drainase dan sarana olahraga.

“Kami membuka lahan di lokasi Lanud Silas Papare untuk mengembangkan tanaman jagung sehingga membantu masyarakat meningkatkan perekonomian melalui ketahanan pangan serta membuat drainase sudah tidak banjir dan membuat sarana olahraga di Kampung Yongsu” katanya.

Dia menambahkan dukungan yang diberikan TNI AU merupakan bagian pengabdian kepada negara melalui tindakan nyata yang diberikan kepada masyarakat Papua khususnya Kabupaten Jayapura.

“Kami berharap dengan dukungan ini ketahanan pangan, kesejahteraan dan kesehatan masyarakat terjaga sehingga negara tetap kuat dalam menghadapi segala situasi apapun,” ujarnya.

Dengan tema yang diusung pada kegiatan ini meneladani patriotisme para pendahulu TNI AU siap mewujudkan angkatan udara yang adaptif, modern, profesional, unggul dan humanis untuk Indonesia maju.

Ratusan masyarakat Papua di Distrik Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua memperoleh pengobatan gratis dan bantuan bahan pokok oleh Lanud Silas Papare Jayapura yang digelar di Lapangan Rugbi Doyo Lama pada Sabtu (20/7) 2024
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Lanud Silas Papare gelar pengobatan gratis bagi warga Jayapura

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024