Sentani (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura meminta kepada para orang tua untuk menjaga kesehatan dan mental anak, untuk mendukung kelancaran hari anak nasional (HAN) ke-40 pada Selasa 23 Juli 2024.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Edward Sihotang di Sentani Minggu mengatakan, dari beberapa hari melakukan persiapan banyak pelajar yang mendapatkan penanganan karena kelelahan.

Sebanyak kurang lebih 7.000 anak akan hadir,  serta 2.600 anak asli Papua akan menampilkan tarian kolosal pada puncak HAN ke-40 di Istora Papua Bangkit pada Selasa 23 Juli 2024.

“Maka dari itu pada saat puncak kegiatan orang tua dan guru harus mempersiapkan mental anak-anaknya terutama membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup,” katanya

Menurut Edward, pihaknya menyarankan orang tua dan guru menyiapkan handuk dengan rendaman es batu sehingga dapat mengantisipasi cuaca panas atau over heat.

“Pada saat latihan yang dilakukan kami menemukan kasus pelajar yang kelelahan karena udara terlalu panas, maka disarankan untuk handuk dengan es batu,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya dari Dinas Kesehatan telah meminta kepada panitia atau organisasi perangkat daerah (OPD) yang menangani HAN ke-40 juga orang tua dan guru supaya menyiapkan minuman mengandung gula yang cukup.

“Supaya ketika pelajar ini kelelahan maka segera diberikan minuman tersebut sehingga dapat segera mengembalikan kondisi tubuhnya,” katanya.

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan maka pelajar yang diikutsertakan pada acara puncak peringatan HAN ke-40 benar-benar sehat dan tidak memiliki penyakit khusus.

“Harapan kami dengan imbauan yang telah diberikan semoga anak-anak tetap dalam kondisi yang prima hingga berakhirnya HAN ke-40 yang akan berlangsung pada 23 Juli 2024,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024