Sentani (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jayapura menyiapkan 120 balita mengikuti Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran II.

Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan akan melaksanakan PIN Polio putaran II tingkat Provinsi Papua di Posyandu Rawajali III Perumahan Graha Nendali Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura Provinsi Papua dalam rangkaian Hari Anak Nasional (HAN) Ke-40 tahun 2024.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Edward Sihotang di Sentani, Selasa mengatakan PIN Polio yang diselenggarakan saat ini yang kedua dan akan dilakukan di daerah lainnya Kabupaten Jayapura dan Papua.

“Bapak presiden akan menyaksikan atau melakukan sendiri vaksin polio pada program PIN putaran kedua di Posyandu Rawajali III,” katanya.

Menurut Edward, kegiatan ini sebagai tanda dimulainya PIN Polio putaran kedua di Provinsi Papua.

“Setelah kegiatan ini maka puskesmas dan posyandu di seluruh Papua bisa melaksanakan PIN Polio putaran II,” ujarnya.

Dia menjelaskan capaian atau sasaran PIN Polio pada putaran pertama 17.783 atau 81,3 persen terdiri dari anak 0-59 bulan 10.850, anak 5-7 tahun 4.293 dan anak usia 7 tahun 2.640.

“Kita sudah capai 81,3 persen anak usia 0-7 tahun dan berharap PIN Polio putaran kedua lebih maksimal,” katanya.

Dia mengharapkan dukungan masyarakat di 19 distrik untuk mensukseskan PIN Polio putaran kedua saat ini.

“Program ini dapat sukses ketika ada dukungan dari masyarakat dengan membawa anaknya melakukan imunisasi di posyandu maupun puskesmas,” ujarnya.

Jumlah posyandu saat ini terdapat 227 tersebar di 139 kampung dan lima kelurahan dari 19 distrik Kabupaten Jayapura.


 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024