Jayapura (ANTARA) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Papua Nugini Yonif 122/Tombak Sakti, Pos Ujung Karang, melaksanakan pemeriksaan atau razia kendaraan di jalan tapal batas Kampung Pikere, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Letnan Kolonel Infanteri Diki Apriyadi dalam siaran pers di Jayapura, Jumat, menjelaskan kegiatan razia kendaraan merupakan salah satu tugas pokok Satgas Pamtas RI-PNG yang rutin dilakukan.

"Ini bertujuan mengantisipasi peredaran barang ilegal, seperti narkoba, masuk ke wilayah Indonesia melalui Papua Nugini (PNG)," katanya.

Menurut Diki, dalam kegiatan razia tersebut semua personel yang bertugas melakukan secara persuasif sehingga dapat berjalan aman dan lancar.

"Apabila ditemukan barang yang terlihat mencurigakan, pengemudi serta barang itu akan diturunkan dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap barang tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan tugas pokok Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS ialah menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat Indonesia-Papua Nugini dengan mengedepankan bidang pengamanan dan melaksanakan pemeriksaan jalan lintas.

"Selain itu, patroli patok dan patroli jalur perlintasan ilegal untuk mencegah penyusupan dan penyeludupan barang ilegal," katanya lagi.

Dia berharap kegiatan razia itu dapat menutup dan mempersempit pergerakan para pelaku penyelundupan barang ilegal maupun mencegah tindak kriminal guna menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024