Sentani (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Silas Papare Jayapura mengirimkan 10 calon putra terbaik Papua pada seleksi Akademi Militer (Akmil) di Magelang, Jawa Tengah.

Seleksi calon taruna Akmil AU gelombang I 2024 telah dilakukan sejak 22 Maret-20 April 2024 dan 10 putra terbaik Papua dinyatakan lulus tingkat daerah dan saat ini sedang menjalani seleksi tingkat pusat.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Silas Papare Jayapura Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah di Sentani, Sabtu mengatakan saat ini 10 calon taruna TNI AU sedang menjalani seleksi pusat.

“Kami sangat berharap ke 10 calon taruna yang lolos seleksi tingkat daerah dapat lulus semua pada tingkat pusat,” katanya.

Menurut danlanud, calon taruna TNI AU merupakan anak-anak Papua yang dibuktikan dengan kelahiran dan pendidikan di daerah ini.

“Kami bisa pastikan semua orang Papua, mau sukunya dari mana tetapi anak-anak kelahiran dan bersekolah di sini,” ujarnya.

Dia menjelaskan sejauh ini pihaknya belum memperoleh informasi mengenai kabar terakhir dari 10 calon taruna Akmil TNI AU kiriman Lanud Silas Papare Jayapura.

“Tentu kami berharap ada perwakilan taruna dari Papua, sehingga ditekankan untuk tetap menjaga kondisi kesehatan dan mental supaya dapat melalui proses seleksi tingkat pusat dengan baik,” katanya.

Dia menambahkan pengiriman calon taruna Akmil TNI AU tidak hanya Jayapura, tetapi dari Biak, Merauke dan Manokwari.

“Untuk pengiriman 10 calon taruna Akmil gelombang I 2024 semuanya laki-laki,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Lanud Silas Papare kirim 10 putra Papua pada seleksi Akmil di Magelang

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024