Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura memberikan bantuan motor tempel 2 gross tonnage (GT) bagi kelompok nelayan Danau Sentani.

Penyerahan dua motor tempel 2 GT, waring 50 buah, pakan 50 sak (per sak 30 kg/1,5 ton) dan 20.000 benih ikan nila dilakukan oleh Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Pantai Khalkote Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Jumat.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Jumat mengatakan kegiatan ini bersumber dari dana otonomi khusus (Otsus) sebesar Rp1,2 miliar 2024.

“Kami menyerahkan kepada kelompok masyarakat nelayan di tujuh kampung Distrik Sentani Timur, kemudian dua motor tempel 2 GT kepada kelompok nelayan di Distrik Ebungfauw,” katanya.

Menurut Penjabat Bupati Triwarno, melalui bantuan perikanan yang diberikan ini diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya kelompok nelayan di Distrik Sentani Timur.

“Masyarakat harus memiliki kemauan, keuletan, jangan mudah menyerah sehingga bantuan pemerintah ini dapat terus berkembang,” ujarnya.

Dia menjelaskan bantuan perikanan ini harus dimaksimalkan dengan baik karena tidak selamanya kegiatan ini dilakukan di sini, tetapi akan berlanjut di tempat lain.

“Bantuan ini semacan “suplemen” atau pendorong supaya masyarakat di sini terus terpacu untuk mengembangkan potensi yang ada guna meraih kesuksesan,” katanya.

Dia menambahkan tujuan dari bantuan ini adalah memberikan solusi untuk perekonomian di Distrik Sentani Timur ini dapat terus berjalan dalam “grafik” positif.

“Pemerintah itu hanya satu yang dibutuhkan ketika melihat program atau bantuan yang diberikan kepada masyarakat dapat berkembang dengan baik dan taraf hidup meningkat,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan program dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura dengan menggunakan dana otonomi khusus (Otsus) 2024.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024