Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dan Balai Bahasa Papua meningkatkan kerja sama di bidang layanan literasi digital untuk meningkatkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Tujuan kerja sama ini supaya spanduk atau apapun yang dikerjakan oleh Pemkab Jayapura dari sisi tata bahasanya baik dengan mengutamakan bahasa Indonesia baik dan benar,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon di Sentani, Sabtu.

Menurut Griapon, penguatan tata bahasa harus dimulai dilakukan dari tingkat atas hingga bawah supaya masyarakat memperoleh edukasi yang baik mengenai bahasa Indonesia.

“Selain itu Balai Bahasa Papua juga mempunyai program Tribrata bangun bahasa dimana mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing yang patut didukung oleh Pemkab Jayapura,” ujarnya.

Dia menjelaskan kerja sama sebenarnya pernah terbangun antara Pemkab Jayapura dan Balai Bahasa Papua mengenai pembuatan kamus bahasa Sentani.

“Kerja sama yang sudah terbangun ini, kami coba lebih menguatkannya lagi sehingga ada proses pembelajaran dari sisi bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah terbarukan,” katanya.

Dia menambahkan ruang publik di Kabupaten Jayapura ke depan baik dilakukan oleh organisasi perangkat daerah (OPD), pemerintah distrik dan kampung harus menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah.

“Padanan kata dalam bahasa Indonesia terus mengalami perubahan sehingga ini harus menjadi catatan kami dalam memberikan edukasi positif kepada dinas/badan, distrik, kampung dan lembaga negeri/swasta bahkan masyarakat untuk mengikuti perubahan baik ini,” ujarnya

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024