Timika (ANTARA) - PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah menggelar bakti sosial menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Kampung Nayaro, Distrik Mimika Baru.

Koordinator Bakti Sosial HUT RI PT Freeport Indonesia Dataran Rendah Rony Yawan pada jumpa pers di Timika, Senin, mengatakan kegiatan bakti sosial ini akan dilaksanakan pada 13-14 Agustus 2024.

"Kami akan melakukan bakti sosial di antaranya membersihkan kampung, menyerahkan bantuan alat kebersihan, coaching clinick bola kaki bagi anak-anak, serta kampanye kesehatan gigi dan narkoba," katanya.

Menurut Ketua Panitia HUT ke-79 RI di Dataran Rendah Daniel Perwira, puncak acara HUT RI akan berlangsung di Alun-Alun Kuala Kencana, tetapi tidak dibuka untuk umum.

"Pada acara puncak hanya dikhususkan bagi karyawan dan keluarga serta kontraktor, untuk kelancaran dan keamanan tamu akan diantar menggunakan bus dari titik kumpul pintu masuk Alun-Alun Kuala Kencana," katanya.

Senior Vice President Community Relations PTFI Nathan Kum menjelaskan, perayaan HUT RI secara rutin dilakukan oleh pihaknya, sebagai wujud hadirnya perusahaan di tengah masyarakat Mimika.

"Tahun lalu kita melakukan peringatan HUT RI di Kampung Nawaripi, dan kali ini di Kampung Nayaro juga melibatkan pemerintah distrik dan Polsek setempat sebagai penanggung jawab wilayah," katanya.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika Petrus Yumte menambahkan, pihaknya berharap seluruh masyarakat dapat terlibat aktif dengan cara dan karya masing-masing dalam mengisi kemerdekaan Indonesia di daerah ini.

"Mari seluruh masyarakat Mimika kita mengisi kemerdekaan Indonesia dengan karya nyata melalui bidang dan keahlian kita masing-masing," katanya.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024