Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota Jayapura, Papua melalui Dinas Pemuda dan Olahraga setempat memberikan penghargaan kepada lima cabang olahraga (cabor) berprestasi pada malam penganugerahan, Selasa.

Penjabat Wali Kota Jayapura Christian Sohilait mengatakan penghargaan yang diberikan merupakan motivasi bagi setiap cabor yang selama ini telah membina anak-anak di daerah ini untuk menjadi atlit profesional.

"Untuk itu diharapkan kegiatan ini terus dilakukan dan pemerintah daerah akan mendukung setiap program masing-masing cabor dalam membina atlit," katanya.

Menurut Sohilait, anak-anak yang terlibat dalam setiap cabor akan memiliki banyak teman, tetapi yang terpenting juga ialah bagaimana bisa berprestasi dan membawa nama Kota Jayapura bahkan Papua hingga ke level nasional.

"Untuk itu pemberian penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada setiap cabor yang sudah melahirkan atlet berbakat dalam membawa Kota Jayapura baik di level nasional maupun internasional," ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura Rocky Bebena mengatakan kelima cabor yang meraih penghargaan dinilai berdasarkan prestasi sejak 2021-2024, selain kelengkapan administrasi dan sumber daya manusia serta program yang direncanakan.

"Dari 42 cabor di Kota Jayapura yang mengirim profil dan keanggotaan terpilih delapan yang masuk dalam nominasi dan dari delapan cabor terpilih lima," katanya.

Dia menambahkan, malam penganugerahan kepada lima cabor tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-41 pada 2024.

Pihaknya berharap kelima cabor yang menerima penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi cabor lain di Kota Jayapura.

Kelima cabor meraih penghargaan berupa uang pembinaan dan piala. Terbaik pertama PSSI Kota Jayapura, terbaik kedua renang dari National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kota Jayapura, ketiga aquatik, keempat cabor rugby, dan kelima kick boxing.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024