Jayapura (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Jayapura, Papua menyerahkan bantuan hibah berupa dua mini bus kepada Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam) Yo Wari Kampung Nafri dan Hensi Ofa Kampung Mosso, Distrik Muara Tami.

Penjabat Wali Kota Jayapura Christian Sohilait di Jayapura, Rabu (11/9), mengatakan penyerahan bantuan hibah kendaraan merupakan kewajiban pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat

"Untuk itu bantuan hibah kendaraan ini juga merupakan terobosan dari pemerintah untuk meningkatkan pelayanan bagi warga Kota Jayapura sehingga mendapatkan layanan kesehatan lebih baik," katanya.

Pihaknya berharap, kendaraan tersebut dapat dirawat dengan baik dan dipergunakan untuk kepentingan anak sekolah maupun masyarakat di kampung.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jayapura Justin Sitorus mengatakan pihaknya akan melakukan servis rutin terhadap kendaraan yang dihibahkan kepada dua BUMKam tersebut, termasuk uji berkala dan izin trayek.

"Kami berharap agar penyerahan hibah kendaraan ini dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat kampung seperti pelayanan kepada ibu hamil dan juga anak sekolah," katanya.

Selain itu, Pemkot Jayapura melalui Dinas Kesehatan setempat menyerahkan empat kendaraan meliputi mobil ambulans emergensi dan mobil puskesmas keliling.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari mengatakan ambulans emergensi diberikan kepada Rumah Sakit Ramela, Muara Tami dan Puskesmas Abepura, sedangkan mobil puskesmas keliling diberikan kepada Puskesmas Elly Uyo dan Puskesmas Emerauw.

"Kami berharap dengan adanya tambahan kendaraan ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga karena memang selama kendaraan yang ada sangat terbatas untuk melakukan pelayanan," katanya.

Dia menambahkan total anggaran empat kendaraan tersebut mencapai Rp2,9 miliar dari total Dana Alokasi Khusus (DAK) 2024 pada Dinas Kesehatan Kota Jayapura sebesar Rp 21,7 miliar.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024