Biak (ANTARA) - Penjabat Bupati Biak Numfor, Papua Sofia Bonsapia mengajak umat Islam di daerahnya untuk meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW dalam menjaga toleransi beragama pada kehidupan masyarakat sekitarnya.

"Perayaan Maulid Nabi SAW juga mengajarkan sikap Rasulullah untuk mewujudkan hubungan kehidupan yang harmonis dengan sesama umat manusia," kata Pj Bupati Sofia Bonsapia melalui Kadis Lingkungan Hidup Iwan Ismulyanto pada perayaan Maulid Nabi Muhammad 1446 Hijriah di Masjid Agung Baiturahman, di Biak, Senin.

Ia mengharapkan, perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW selain mengenang sejarah kelahiran Rasulullah juga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan bagi umat Islam.

Kepada umat Islam di Biak Numfor, lanjut dia, diharapkan bisa mengambil hikmah di balik perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk mengamalkan ajaran di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Terkait dengan tahapan pilkada serentak, menurut Sofia, masyarakat dapat menyukseskan pemilihan kepala daerah dengan ikut memberikan hak suaranya pada pemungutan suara 27 November 2024.

"Salurkan hak pilih warga secara benar di setiap TPS Pilkada serentak 2024," kata Bupati Sofia disampaikan Kadis Lingkungan Hidup Iwan Ismulyanto.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Besar Islam H.Andi Firman Madjadi melaporkan, perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H merupakan agenda program tahunan PHBI bersama Pemkab Biak Numfor.

"Sebanyak 3.000 umat Islam dari berbagai kampung dan kelurahan menghadiri perayaan maulid di Masjid Agung Biak," katanya.

Bertindak sebagai penceramah hikmah maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H yakni Ketua Umum PP Aswaja NU Center Jakarta KH Misbahul Munir Kholil MA yang juga penasihat spiritual Presiden terpilih Prabowo Subianto.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024