Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Jayapura mengimbau warga tidak ugal-ugalan saat berkendara di jalan raya.

Saat ini Kabupaten Jayapura sedang musim hujan cukup deras sehingga warga tidak melajukan kendaraannya dengan kencang guna menghindari kecelakaan.

Kapolres Jayapura AKBP Umar Nasatekay melalui Kasatlantas Polres Jayapura AKP Baharudin Buton di Sentani, Rabu mengatakan kondisi jalanan licin karena hujan sehingga pengendara lebih berhati-hati saat berkendara.

“Mengemudikan kendaraan dengan kecepatan pelan dan laju sama saja, pasti sampai di tempat tujuan sehingga lebih baik lambat asal selamat dari pada cepat tetapi dapat menimbulkan kecelakaan,” katanya.

Menurut Kasatlantas, jalanan banyak sedimen akibat hujan di jalan raya dan ini menjadi faktor penyebab kecelakaan tunggal maupun beruntun.

“Kalau kondisi tidak memungkinkan untuk jalan, apalagi menggunakan motor sebaiknya beristirahat sejenak di kerabat sambil menunggu hujan redah baru kembali melakukan perjalanan,” ujarnya.

Dia mengingatkan pengendara roda dua maupun empat supaya memperhatikan kelengkapan berkendara sehingga dapat membawa kalian dengan selamat sampai ke tempat tujuan.

“Gunakan helm saat berkendara dan tidak boleh membawah motor atau mobil dalam keadaan dipengaruhi minuman beralkohol,” katanya.

Dia menambahkan saat berkendara dalam keadaan pelan bisa mengambil jalur kiri sehingga tidak menghalangi kendaraan di belakangnya untuk melewati.

“Berkendaralah dengan sopan dan santun di jalan raya, saling menghormati sesama pengendara sehingga keselamatan dapat terwujud,” ujarnya.

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024