Biak (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Biak Numfor, Papua berharap satuan pendidikan SD hingga SMA/SMK dapat terkoneksi dengan jaringan internet untuk meningkatkan kemampuan literasi-numerasi siswa pada tahun ajaran 2024/2025.

"Untuk sekolah yang ter-akses dengan layanan internet sangat mendukung program literasi -numerasi bagi siswa sekolah setempat," harap Sekretaris Dinas Pendidikan Biak Numfor John Sobuber di Biak, Jumat.

Ia berharap, sekolah di pinggiran kota juga dapat terlayani dengan jaringan internet agar membantu kelancaran program literasi dan numerasi anak.

Diakuinya, untuk sekolah di dalam Kota Biak sudah sebagian telah terkoneksi dengan jaringan internet Indihome Telkom serta VSAT.

Sedangkan untuk sekolah di pinggiran kota Biak, lanjut John, untuk bisa mengakses internet melalui layanan 4G Bakti Kemenkominfo-Telkomsel serta VSAT.

Ia berharap, dengan peningkatan layanan internet dilakukan pemerintah lewat Kementerian Kominfo bisa memperluas jangkauan internet di satuan pendidikan Biak Numfor.

"Akses layanan internet yang bagus dan cepat sangat mendukung program peningkatan literasi-numerasi siswa di sekolah berbagai satuan pendidikan," katanya.

Pada 2024 Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi memprogramkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan serta kemampuan literasi-numerasi anak.

Ditargetkan pada 2024 Dinas Pendidikan menargetkan 100 persen program ANBK satuan pendidikan SD di Kabupaten Biak Numfor.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024