Sentani (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Semuel Siriwa meminta 54 organisasi perangkat daerah (OPD) setempat untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“Sebanyak 35 OPD teknis termasuk 19 distrik harus berupaya meningkatkan pelayanan sehingga indikator kepuasan publik terus meningkat ke arah baik,” kata Penjabat Bupati Jayapura Semuel Siriwa di Sentani, Rabu.

Menurut Penjabat Bupati Siriwa, pelayanan maksimal itu berupa tugas pokok atau dasar-dasar seorang aparatur sipil negara (ASN).

“Pelayanan sudah harus dilakukan sejak pukul 08.00 pagi hingga 15.00 WIT, jangan membuat yang mudah menjadi sulit, tetapi kesulitan itu harus diubah menjadi mudah,” ujarnya.

Dia menjelaskan pimpinan OPD sudah harus berada di kantor sebelum pegawainya datang supaya koordinasi mengenai tugas dan tanggung jawab hari itu pun dapat berjalan baik.

“Jangan sampai ada ASN yang datang hanya duduk sampai jam pulang kerja, maka pimpinan mempunyai tugas untuk mengorganisir hal-hal seperti ini supaya pekerjaan yang berat dapat dibagi kepada semua pegawai,” katanya.

Dia menyadari bahwa kehadirannya di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura tidak terlalu lama tetapi bagaimana bisa membawa sebuah perubahan meskipun hanya sedikit.

“Kami sudah mulai merapikan rangkap jabatan di OPD, dengan tujuan memberikan kepastian dan waktu kerja program dan kegiatan dapat tepat waktu sehingga berpengaruh terhadap penyerapan anggaran pada tahun ini,” ujarnya.*

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024