Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua terus mendorong hadirnya desa wisata hal ini dilakukan guna mempercepat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jery Agus Yudianto di Jayapura, Rabu, mengatakan Papua kaya akan hasil alamnya oleh sebab masyarakat di perdesaan dapat di manfaatkan potensi-potensi alam.
 
"Seperti salah satunya pada desa Rhepang Muaif di mana terpilih menjadi sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia," katanya.
 
Menurut Jery, dengan hadirnya desa wisata juga dapat menjadi peluang untuk menurunkan angka kemiskinan.
 
"Kami sangat memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenparekraf RI yang menginisisasi pemberian penghargaan ini dan lebih khusus pada Pemkab Jayapura," ujarnya.
 
Ia menjelaskan terkhusus lagi warga kampung Rhepang Muaif karena dengan swadaya menjaga kelestarian fauna dalam hal ini habitat burung cenderawasih yang bisa dinikmati keindahannya di alam bebas.
 
"Pesona alam ini harus dipertahankan dengan melibat lebih luas lagi stakeholder, sehingga penatapan ini bisa berdampak pada nilai tambah bagi masyarakat setempat khususnya pertumbuhan ekonomi," katanya lagi.
 
Dia menambahkan pihaknya berharap ke depan semakin banyak lagi desa wisata di Provinsi Papua karena Bumi Cenderawasih memiliki keunikan suatu wilayah sehingga menjadi daya tarik tersendiri destinasi wisata.
 
"Pemprov melalui Dinas teknis pengampu , juga berupaya mendorong pertumbuhan pariwisata di papua dalam bentuk penguatan, dan penyusunan regulasi serta instrumen stimulan pada daerah destinasi wisata," ujarnya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024