Jayapura (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Papua mengusulkan tiga daerah di wilayah ini menjadi kabupaten/kota lengkap.

Kepala Kantor Wilayah BPN Papua Roy Wayoi di Jayapura, Senin, mengatakan ketiga daerah yang diusulkan menjadi kabupaten/kota lengkap tersebut yakni Kabupaten Biak Numfor, Kota Jayapura, dan Kabupaten Mimika.

"Dengan demikian pada 2025 kami bisa mendorong satu wilayah yang menjadi proyek percontohan kabupaten/kota lengkap di Papua," katanya.

Menurut Wayoi, kabupaten/kota lengkap adalah di mana seluruh wilayahnya sudah terpetakan serta bisa terlayani oleh layanan secara elektronik.

"Dan saat ini di 12 satuan kerja pada Kanwil BPN Papua semuanya sudah melakukan pelayanan sertifikat tanah elektronik," ujarnya.

Pihaknya berharap sinergi dengan pemerintah terus terjalin dan juga dukungan masyarakat di Papua sehingga ke depannya semua wilayah di Bumi Cenderawasih ini sudah bisa dijadikan kabupaten/kota lengkap.

Dia menjelaskan pihaknya terus melakukan sosialisasi terkait penggunaan dan penerbitan sertifikat elektronik sehingga diharapkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat sehingga proses ini berjalan dengan baik.

"Dalam penerbitan sertifikat elektronik kami mulai dengan seluruh aset milik pemerintah yang dialih media dari sertifikat lama ke sertifikat elektronik," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya telah meminta kepada 12 satuan kerja di wilayah Papua untuk terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat karena ini bertujuan untuk peningkatan kualitas pelayanan.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024