Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Provinsi Papua melalui Dinas Pariwisata setempat menjalin kerja sama dengan Provincial Administration Tourism Unit dari Papua Nugini (PNG) guna meningkatkan kolaborasi terkait mempromosikan sektor pariwisata di kawasan perbatasan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura di Jayapura, Rabu, mengatakan kerja sama ini merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pengembangan potensi wisata baik yang ada di PNG maupun Kota Jayapura sehingga menarik banyak pengunjung dari kedua negara tersebut.

"Selain itu juga kami bersama Pemerintah PNG membahas penguatan agen wisata perjalanan antara Indonesia dan PNG," katanya.

Menurut Rumansara, pihaknya berharap dengan adanya kerja sama tersebut diharapkan akan terbentuk jaringan perjalanan wisata yang lebih baik kedepannya.

"Sehingga hal ini dapat mempermudah akses bagi wisatawan yang ingin menjelajahi destinasi di PNG maupun Kota Jayapura," ujarnya.

Dia menjelaskan aspek penting yang dibahas juga ialah saling berpartisipasi dalam pentas budaya secara rutin yang melibatkan pertunjukan seni dan tradisi dari masing-masing negara.

"Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan mempererat hubungan antar masyarakat," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap melalui kerja sama yang terjalin akan memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata khususnya pada kawasan perbatasan.

"Dengan kolaborasi ini juga kami dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan sekaligus memperkuat hubungan antar dua negara," ujarnya.

Pihaknya menilai jika sektor pariwisata di kawasan perbatasan terus berkembang maka tentu memberikan manfaat ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat setempat.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024