Sentani (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jayapura, Papua, memastikan harga bahan pokok di daerah itu stabil.

Harga beras medium Rp15.000/kg, beras premium Rp17.500/kg, gula pasir curah Rp19.000/kg, minyak goreng sawit kemasan premium Rp25.000/kg, minyak goreng sawit curah Rp18.000/kg, telur ayam ras Rp38.400/kg.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jayapura Theopilus H Tegai di Sentani, Jumat, mengatakan harga bahan pokok di Pasar Sentral relatif normal.

“Dari pengecekan pada 24 Oktober 2024 harga bahan pokok di Pasar Sentra maupun distributor masih normal tidak ada peningkatan signifikan,” katanya.

Menurut Theopilus, pihaknya bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Jayapura rutin berkoordinasi dan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar, pertokoan dan distributor di Sentani.

“Kami rutin menggelar sidak harga barang untuk memberikan peringatan kepada para distributor dan pedagang supaya tidak menaikkan harga sembarangan,” ujarnya.

Dia menjelaskan selain sidak, TPID juga sering melaporkan perkembangan harga bahan pokok ke Kementerian Dalam Negeri RI terkait upaya mencegah inflasi.

“Kenaikan harga barang akan mempengaruhi inflasi sehingga berbagai upaya dilakukan di antaranya sidak dan menggelar pasar murah,” katanya.

Dia menegaskan, pihaknya (TPID) tidak segan-segan mencabut izin usaha ketika harga bahan polok dipermainkan atau dinaikkan pihak distributor atau pedagang.

“Itu alternatif terakhir ketika pedagang tidak bisa diajak kerja sama dengan pemerintah dalam menentukan satuan harga terendah sehingga tidak membebani masyarakat,” ujarnya.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024