Sentani (Antara Papua) - PT Semen Indonesia berencana niat investasi di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, yang akan dimulai pada 2020.

"Kami menyambut baik rencana PT Semen Indonesia yang akan berinvestasi di Kabupaten Jayapura itu," kata Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, di Sentani, Rabu.

Ia mengatakan, dari survei awal diketahui potensi bahan baku bahan semen seperti batu gamping dan lempung, serta pasir besi dan kuarsa cukup melimpah, sehingga diperkirakan produksi semen di Kabupaten Jayapura mencapai jutaan ton per tahun.

"Karena potensi semen yang besar itulah, PT Semen Indonesia mendesak agar dapat segera membuka pabrik di Papua khususnya di wilayah Kabupaten Jayapura," katanya.

Menurut Bupati Mathius, nantinya jika nota kesepahaman telah dibuat, perkantoran dan pabrik PT Semen Indonesia akan dibangun sekitar enam kilometer dari daerah pelabuhan.

"Daerah pembangunan perkantoran dan pabrik kemungkinan di sekitar wilayah Maribu atau Distrik Nimbokrang," ujarnya.

Dia menjelaskan PT Semen Indonesia akan bekerjasama dengan perusahaan daerah (perusda) milik Kabupaten Jayapura, agar tidak terlalu kaku dengan birokrasi yang ada.

"Dengan adanya pabrik PT Semen Indonesia ini maka diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitarnya," katanya.

Dia menambahkan, dengan mulai banyaknya investasi di Kabupaten Jayapura, diharapkan bumi Kenambay Umbay dapat terus berkembang dan maju. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024