Jayapura (Antara Papua) - Ketua KONI demisioner Tono Suratman mengatakan penyelenggaraan Musyawarah Olah raga Nasional (Musornas) ke-XII KONI di Kota Jayapura sebagai bagian dari promosi PON ke-20 tahun 2020 di Papua.

"Penempatan Musornas di sini sekaligus promosi PON ke-20 pada 2020," kata Tono Suratman disela-sela Musornas ke-XII KONI di Kota Jayapura, Minggu

Menurut dia, penempatan Papua sebagai tuan rumah penyelenggaran Mosurnas ke-XII KONI sudah merupakan keputusan rapat anggota bersama di Semarang, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

"Sesuai dengan rapat anggota KONI, bahwa pengajuan Papua sebagai tuan rumah terjadi kesepakatan rapat anggota tahunan yang dilaksanakan di Semarang," katanya.

Suratman mengatakan pelaksanaan Musornas ke-XII KONI sangat penting, bukan hanya bahas PON 20 pada 2020 di Papua, tapi juga berkaitan dengan laporan pertanggungjawaban pengurus KONI Pusat masa bhaktu 2011-2015.

"Jadi disini juga dilaporkan pertanggungjawaban pengurus KONI 2011-2015. Sementara untuk melihat venue kesiapan PON 20 di Papua tidak ada dalam jadwal acara tetapi hal kunjungan atau tinjauan bisa juga dilakukan," kata Tono Suratman.

Ketika ditanya tentang Asian Games yang akan dilaksanakan di Indonesia pada 2018, Suratman mengatakan bahwa semua pihak harus optimis bahwa hal itu bisa dilakukan dan bisa meraih sukses.

"Kita hatus berikan semangat juga bahwa persiapan Asian Games juga ini sudah keputusan organisasi sehingga sudah pasti ada waktu yang diberikan untuk mempersiapkan segala sesuatu. Tentunya pembinaan atlit secara terpusat akan dilakukan," kata Toni Suratman.

Sementara itu, Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan kesiapan sebagai tuan rumah PON 20 pada 2020 terus dilakukan.

"Kami sebagai tuan rumah tentunya terus persiapkan diri, mulai dari kesiapan sarana prasarana dan kesiapan infrastruktur pendukung lainnya," katanya.

Musornas ke-XII KONI akan berlangsung mulai Sabtu (28/11) hingga Senin (30/11) di Hotel Aston, Kota Jayapura, Papua.

Sebanyak 34 pengurs KONI se-Indonesia dan 48 pengprov hadir dalam kegiatan tersebut. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024