Jayapura (Antara Papua) - Federasi Olah raga Karate Indonesia (FORKI) Kota Jayapura, Papua menyiapkan penyelenggaraan sejumlah kejuaraan karate guna meningkatkan kualitas atlet karateka daerah setempat.

Ketua Forki Kota Jayapura, Robert LN Awi di Jayapura, Rabu mengatakan pada 18-20 Februari 2016 digelar Kejuaraan Karate Usia Dini Wali Kota Cup dan pada Desember 2016 kembali dijadwalkan Kejuaraan Karate Tingkat Dewasa.

"Setelah kejuaraan tingkat usia dini selesai, barulah kami gelar kejuaraan yang sama untuk tingkat dewasa di kota ini," katanya.

Menurut dia, hasil kejuaraan karate tingkat usia dini diharapkan dapat membawa dan mengharumkan nama Kota Jayapura di tingkat provisni maupun nasional, pada sejumlah iven yang akan Forki ikuti.

"Kami harap hasil dari berbagai kejuaran karate baik tingkat usia dini dan dewas, bisa dan mampu mengharumkan serta membawa nama Kota Jayapura di iven nasional," katanya.

Kejuaraan karate pada iven atau unggulan Forki Kota Jayapura, akan melibatkan seluruh tempat latihan (dojo) yang ada di ibu kota Provinsi Papua dan sekitarnya.

"Untuk meningkatkan kualitas iven ini diharapkan dojo-dojo dari Kabupaten Sarmi, Jayapura dan Keerom dapat terlibat, tidak hanya itu dojo yang berada di luar Papua juga dapat mengirim utusannya," katanya.

Sementara itu, kelas yang akan dipertandingkan, ungkap Awi, yakni kelas Kata dan kumite perorangan putra dan putri usia 8-17 tahun memperebutkan 152 medali dan piala bergilir Wali Kota Jayapura.

"Jadi ada kelas Kata dan Kumite Perorangan yang akan kami gelar pada Februari ini," kata Robert LN Awi.

Secara terpisah, koordinator pertandingan Forki Kota Jayapura, Jorsul Sattuan mengatakan kejuaraan karate itu direncanakan akan berlangsung selama tiga hari dengan waktu pendaftaran sejak tanggal 1 hingga 14 Februari 2016.

"Tempat pendaftaran disekretariat Forki Kota Jayapura di GOR Waringin Kota Jayapura. Sedangkan teknikal meeting dan pengecekan kesehatan, direncanakan akan dilakukan pada tanggal 15 Februari 2015," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024