Biak (Antara ) - PT Pos Indonesia (Posindo) Kabupaten Biak Numfor, Papua telah merampungkan pendistribusian Kartu Indonesia Sehat (KIS) hingga Februari 2016  di Kabupaten Biak dan Waropen.

Kepala Cabang PT Pos Indonesia Iman Apriyanto di Biak, Kamis, mengatakan, total KIS yang didistribusikan untuk Biak sebanyak 126.798 unit dan Waropen sebanyak 24.639 unit atau rampung 100 persen.

"Untuk Kabupaten Supiori KIS yang diantar 95 persen dari total sebanyak 15.874 unit serta Kabupaten Kepulauan Yapen 82.951 unit, dan  hingga kini telah terealisasi sebanyak 6.376 unit atau 40,17 persen, " ungkap Iman.

Menyinggung kendala distribusi KIS di daerah kepulauan, menurut Iman, selain faktor geografis juga karena alamat penerima kartu tidak jelas dan menyulitkan petugas untuk mendistribusikannya dengan cepat.

Ia mengaku, untuk mendukung kelancaran distribusi KIS kepada warga yang terdata dalam program penerima pelayanan kesehatan nasional pihak Posindo melibatkan kepala kampung.

"Secara umum proses distribusi KIS di wilayah Pos Indonesia cabang Biak meliputi Supiori, Yapen Kepulauan dan Waropen berlangsung lancar," ujarnya.

Iman mengatakan, untuk KIS yang gagal antar karena alamat tidak jelas atau karena penerima sudah pindah rumah akan dikembalikan kepada BPJS sebagai pengelola kegiatan jaminan kesehatan nasional. (*)

Pewarta : Pewarta: Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024