Jayapura (Antara Papua) - Dinas Kesehatan Provinsi Papua segera membentuk tim penanggulangan kasus demam berdarah dengue agar penanganan terhadap masyarakat yang terkena serangan penyakit itu lebih optimal.

"Langkah-langkah segera yang akan kami lakukan adalah membentuk tim penanggulangan DBD di Papua," kata Kepala Dinas Kesehatan Papua drg Aloysius Giyai di Jayapura, Kamis.

Dia menjelaskan, tim penanggulangan DBD itu untuk mencegah demam berdarah agar tidak menyebar luas seperti di povinsi lain di Indonesia.

Selain pembentukan tim penanggulangan DBD, Dinas Kesehatan Papua juga akan melakukan penyuluhan perorangan kelompok massal melalui promosi bergerak, pembagian liflet, dan poster terkait dengan DBD.

"Ini langkah-langkah yang akan kami lakukan untuk pencegahan DBD," ujarnya.

Dinas Kesehatan Papua juga melokalisasi serangan DBD melalui "fogging" fokus pada titik-titik tertentu yang berpotensi DBD.

"Kita juga sudah menyiapkan logistik DBD berupa bahan habis pakai, alat kesehatan, sehingga diperlukan terutama farmasi, maka Dinas Kesehatan Papua berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Mappi " ujarnya.

Dinas Kesehatan Papua juga tengah berupaya melakukan konsolidasi dengan seluruh Dinas Kesehatan kabupaten/kota untuk penanggulangan dan penanganan kasus itu. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024