Jayapura (Antara Papua) - Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua rencananya akan menyiapkan Gedung Olah Raga (GOR) Toware yang berada di Kabupaten Jayapura sebagai tempat pelaksanaan cabang olahraga anggar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Yusuf Yambe Yabdi, di Jayapura, Rabu, mengatakan pihaknya akan merehab bangunan GOR Toware untuk selanjutnya disiapkan sebagai tempat pelaksanaan cabang olahraga anggar.

"Dalam rapat kami, GOR Toware diperuntukkan untuk cabang olahraga anggar dan sedang disiapkan," katanya.

Menurut Yusuf, Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua akan melakukan penilaian dan rehabilitasi untuk persiapan PON 2020 yang digelar di Bumi Cenderawasih.

"Bahkan kami akan berkoordinasi dengan TNI dan Polri dalam rangka pembangunan venue PON di masing-masing wilayah," ujarnya.

Dia menjelaskan pihak Kodam, Polda, Lanud juga Lantamal Jayapura akan membantu dalam penyiapan tempat-tempat pertandingan PON.

"Selain mengecek kesiapan pembangunan venue, kami juga akan melakukan pendampingan bagi kabupaten/kota di lima kluster yang ditugasi menjadi lokasi venue PON 2020," katanya lagi.

Dia menambahkan pendampingan ini harus dilakukan karena segala sesuatunya harus disiapkan bersama dalam konteks optimalisasi penyiapan infrastruktur PON.

Sekadar diketahui, GOR Toware merupakan fasilitas olahraga yang berada di Distrik Waibu, dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dan menelan anggaran sebesar Rp37,4 miliar.

Sayangnya, selama beberapa waktu GOR Toware tersebut sempat terlantar dan tidak digunakan karena Pemkab Jayapura masih terbelit sengketa hak ulayat dengan masyarakat setempat. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024