Biak (Antara Papua) -Dokter spesialis anak RSUD Kabupaten Biak Numfor, dr Windy mengingatkan, orang tua harus prioritas pemberian air susu ibu (ASI) untuk bayi karena dapat meningkatkan ketahanan tubuh balita.

"ASI merupakan minuman dan makanan tunggal atau satu-satunya yang paling sempurna untuk dikonsumsi bayi dari sejak awal kehidupan hingga enam bulan," kata dokter Windy pada sosialisasi pemanfaatan Asi dalam bincang udara media radio.

Ia menyebut, minuman ASI yang diberikan kepada bayi juga mengandung enzim yang dapat berfungsi untuk memudahkan ASI tercerna.

"Pemberian ASI juga mengandung kalori dan gizi yang sesuai dengan tubuh dan kebutuhan bayi tidak akan membuat bayi obesitas atau sebaliknya," katanya.

Kepada orang tua pemilik anak bayi, menurut dokter Windy, untuk tetap memperhatikan minuman ASI bagi bayi karena menjadi minuman khusus meningkatkan antibody tubuh bayi.

"ASI juga sangat kaya akan sari-sari makanan yang mempercepat pertumbuhan sel-sel otak dan perkembangan sistem saraf bayi," ujarnya.

Dokter Windy menyebut, minuman ASI langsung diberikan melalui ibu akan menjaga keadaan ASI steril untuk kebutuhan sang buah hati.

Peran orang tua untuk memberikan ASI bagi bayi,menurut Dokter Windy, sangat vital karena orang pertama yang langsung memberikan minuman untuk pertumuhan bayi.

Berdasarkan data perempuan yang habis melahirkan anak lebih cenderungmemberikan minuman susu formula anak ketimbang ASI bayi.(*)

Pewarta : Pewarta: Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024