Jayapura (Antara Papua) - Dentuman meriam sebanyak 17 kali dan sirine tepat pada pukul 10.00 Waktu Indonesia Timur (WIT), mewarnai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Republik Indonesia tingkat Provinsi Papua yang dilaksanakan di Lapangan Stadion Mandala Jayapura, Rabu.

Dari pantauan di lapangan, upacara bendera dalam rangka peringatan HUT ke-71 RI pada 2016 dipimpin Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Selain itu, pembaca naskah teks Proklamasi dilakukan oleh Ketua DPRP Papua Yunus Wonda dan pembacaan UUD 1945 oleh Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib.

Bertindak selaku Komandan Upacara pada peringatan HUT ke-71 RI di Lapangan Stadion Mandala Jayapura Letkol Inf Akwil Satria MW dan komandan pasukan pengibar bendera Letda Inf Gerry Aritonang.

Selain itu, peringatan HUT ke-71 RI tingkat Provinsi Papua dimeriahkan dengan atraksi tari sapu lidi dari Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) Papua dan Polisi Cilik binaan Polda Papua.

Tidak hanya itu, tarian pergaulan Yosim Pancar yang dibawakan oleh Sanggar Tari Ostari Dok VIII, Grup Tari Eoromo Koteka dari wilayah Pegunungan Tengah Papua juga memeriahkan peringatan HUT RI ke 71 pada 2016 di Lapangan Stadion Mandala Jayapura.

Peserta aubade membawakan lagu-lagu mars perjuangan dengan iringan musik suling tambur yang dimainkan para siswa campuran dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama yang ada di Kota Jayapura.

Dalam upacara peringatan HUT ke-71 RI pada 2016 ini juga dihadiri oleh puluhan tamu dari negara tetangga Papua Nugini (PNG). (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024