Jayapura (Antara Papua) - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kota Jayapura memiliki empat kelas digital yang dianggap dapat mempermudah proses pembelajaran sesuai perkembangan jaman.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kota Jayapura Alex Deu, di Jayapura, Senin, menjelaskan kini sekolahnya menjadi yang pertama memiliki kelas digital untuk jenjang SMP.

"Memang kelas ini sebelumnya untuk SMA sudah ada, tapi baru kali ini di SMP. Pelatihannya baru satu bulan yang lalu, tetapi kami sudah `action`," kata dia.

Ia mengakui sebelum meresmikannya bersamaan dengan ulang tahun ke-53 SMP Negeri 1, beberapa guru telah mengikuti pendidikan untuk bisa menjalankan kelas digital menggunakan aplikasi Edmondo.

"Setiap guru harus menguasai internet dulu, kami sudah lakukan pelatihan di LPMP. Kami sudah utus lima guru untuk latihan Edmodo yang punya kelebihan agar guru tidak lagi capai memeriksa soal dan kunci jawabannya seperti apa," ujar Alex Deu.

"Guru bisa memberi tugas dengan membatasi waktu pengerjaannya karena Edmondo bisa diakses siswa dimana pun," sambungnya.

Ia pun meyakini bahwa keberadaan kelas digital akan membuat proses pembelajaran lebih mudah dan telah diwacanakan untuk dimanfaatkan saat berlangsungnya ujian nasional.

"Ada empat kelas digital yang dimiliki SMP Negeri 1, dan semua guru sekarang sudah bisa menjalankan aplikasi Edmondo," kata Alex. (*)

Pewarta : Pewarta: Dhias Suwandi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024