Merauke (Antara Papua) - Tim medis RSUD Merauke tengah membahas hasil pemeriksaan kesehatan delapan orang kandidat calon peserta pilkada yang sudah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mappi, Provinsi Papua.

"Sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan pada Minggu (25/9) dan Senin (26/9). Sementara masih tunggu teman-teman dokter spesialis untuk kita pleno hasil pemeriksaan kemarin," kata Direktur RSUD Merauke dr Nevile Muskita, di Merauke, Selasa.

Delapan orang kandidat calon peserta pilkada di Kabupaten Mappi itu menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Kabupaten Merauke selama dua hari.

Menurut Nevile, RSUD Merauke melibatkan 10 dokter spesialis untuk memeriksa calon bupati dan calon wakil bupati yang akan maju pada pemilihan kepala daerah di Kabupaten Mappi, 15 Februari 2017.

"Karena kita tidak punya dokter spesialis jiwa, kita minta dari Jayapura," katanya.

Pemeriksaan delapan orang kandidat calon peserta Pilkada Mappi itu meliputi pemeriksaan kejiwaan, fisik dan laboratorium.

"Hari ini kita upayakan hasilnya karena paling lambat tanggal 28 September sudah harus disampaikan ke KPU," katanya.

Sementara Koordinator Divisi Teknis KPU Kabupaten Mappi Sugeng Adi Triyanto, mengatakan delapan kandidat calon peserta pilkada atau empat pasangan bakal calon yang menjalani pemeriksaan kesehatan yakni Kristosimus Agawemu-Jaya Ibnu Su`ud, Aminadab Jumame-Stefanus Yormogoin, Stevanus Kaisma-H Mustafa Salam dan Eduardus Anoyeng-Andi Amar.

"Tujuan pemeriksaan kesehatan untuk menghasilkan calon pemimpin yang sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba," katanya.

Setelah menerima laporan pemeriksaan kesehatan, kata dia, hasil itu langsung dibawah ke KPU Mappi untuk diplenokan dan dilanjutkan dengan verifikasi berkas empat pasangan bakal calon itu.

"Dan ada waktu perbaikan berkas. Sesuai tahapan, penetapan bakal calon bupati dan wakil bupati dilakukan tanggal 24 Oktober mendatang," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024