Serui (Antara Papua ) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise menyaksikan belasan prajurit Kompi E Yonif Raider Khusus 753/Arga Vira Tama dalam melakukan atraksi pembebasan sandera di markas Kodim 1709/Yapen Waropen (Yawa), Kabupaten Yapen Kepulauan, Papua.

Atraksi pembebasan sandera itu merupakan rangkaian kegiatan guna memperingati HUT TNI ke-71 yang di Kota Kembang, julukan Serui, Ibu Kota Kabupaten Yapen Kepulauan, pada Rabu (5/10).

Menteri Yohana Susana Yembise sengaja diundang khusus pada peringatan tersebut, yang menyuguhkan sikap patriotisme dan profesionalisme prajurit TNI karena mampu melaksanakan tugas pembebasan sandera tanpa ada luka dialami korban.

Bahkan, kesigapan prajurit Yonif Raider Khusus 753/AVT dalam pembebasan sandera berhasil menangkap dan melumpukan pelaku dengan cepat.

"Kecepatan dan ketangkasan prajurit TNI untuk membebaskan korban penyanderaan berjalan mulus tidak terjadi luka sedikitpun," ujar Jhon, anggota veteran menyaksikan atraksi prajurit TNI itu.

Kegiatan upacara HUT TNI ke-71 di jajaran Kodim 1709/Yawa, Kabupaten Yapen Kepulauan ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng dilakukan Menteri Yohana Yembise serta upacara militer dipimpin Kasiter Korem 173/PVB Biak.

Sebelumnya, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Sat Hari Wibowo mengungkapkan pelaksanaan hari ulang tahun TNI ke-71 akan dilaksanakan upacara militer di markas Kodim 1709/Yawa pada Rabu 5 Oktober 2016.

Beberapa kegiatan lomba menyambut HUT TNI ke-71, diantaranya loma tari Yosim Pancar, lomba baca puisi,  sepak bola divisi dua.

Selepas atraksi pembebasan sandera dilajutkan dengan ramah tamah bersama Menteri PPPA Yohana Susana Yembise bersama Dandim Letkol Sat Hari Wibowo, Wakil Bupati Kabupaten Yapen Kepulauan Frans Sanadi, forum komunikasi pimpinan daerah, perwira TNI/Polri berlangsung di markas Kodim 1709/Yawa.
(*)

Pewarta : Pewarta: Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024