Jayapura (Antara Papua) - Bank Papua menyiapkan dana Rp1,87 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai nasabahnya dalam menghadapi Natal 2016.

"Ketersediaan dana naik 5-10 persen untuk hadapi Natal tahun ini dibanding tahun lalu. Tahun lalu dana yang kita siapkan sebesar Rp1,7 triliun," ujar Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank Papua Sharly A Parangan di Jayapura, Senin.

Ia menjelaskan penyiapan uang tersebut sesuai kebutuhan masyarakat. Pelayanan penarikan uang tersebut tidak hanya melalui kasir, tapi juga menyiapkan melalui seluruh mesin anjungan tunai mandiri Bank Papua.

Sharly meyakini jumlah tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya hingga perayaan tahun baru 2017 selesai.

Sebelumnya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua menyiapkan uang tunai Rp5,35 triliun untuk menghadapi perayaan Natal 2016 dan Tahun baru 2017.

"Saat ini dari kas yang ada di BI Papua, kami telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp1,45 triliun," ujar Kepala Kantor Perwakllan Bank Indonesia Provinsi Papua Joko Supratikto.

"Bank lndonesia akan mendatangkan uang tunai total Rp3,9 triliun yang akan datang pada Desember 2016 ini, sehingga total uang tunai yang disiapkan Bank Indonesia mencapai Rp5,35 triliun," sambungnya.

Ia menjelaskan BI melakukan pengedaran uang dengan cara setoran/tarikan perbankan maupun pelayanan kas titipan dan kas keliling. Dari Rp5,35 tnhun yang disediakan tersebut, sebesar Rp 400 miliar berada di empat kas titipan, yaitu di Biak, Timika, Sorong, dan Merauke. (*)

Pewarta : Pewarta: Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024