Timika (Antara Papua) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, akan meningkatkan pelayanan Puskesmas Timika Jaya dari 12 menjadi 24 jam setiap hari.

Kepala Puskesmas Timika Jaya, dokter Moses Untung di Timika, Rabu, mengatakan pemberlakuan pelayanan 24 jam akan dilaksanakan pascaperesmian gedung Puskesmas Timika Jaya yang baru pada bulan ini.

"Mudah-mudahan segera diresmikan sehingga gedung ini bisa ditempati dan langsung diberlakukan pelayanan 24 jam per hari," katanya.

Pelayanan loket, laboratorium, apotek, UGD bersalin di puskesmas itu akan sepanjang hari, dan dokter jaga juga siaga 24 jam.

Puskesmas di gedung baru berlantai itu melayani pasien rawat jalan dan rawat inap, tetapi dalam jumlah terbatas, sesuai dengan kapasitas.

"Semua fasilitas sudah siap tinggal dipasang saja," ujarnya.

Selain tersedianya fasilitas yang memadai, Puskesmas Timika Jaya juga akan melayani pemeriksaan jantung, darah lengkap dan urinelisa sedangkan radiologi masih akan diusahakan.

Para petugas kesehatan di puskesmas ini juga dapat dikatakan memadai. Selama ini ada tiga dokter umum yang melayani di Puskesmas Timika Jaya, termasuk 60-an tenaga perawat sedangkan bidan sebanyak 50-an.

"Secara jumlah memang sudah tercukupi cuma nanti dari dinas yang akan menambahkan jenis tenaga kesehatan yang saat ini terbatas atau sama sekali belum tersedia," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024