Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menunjuk 60 tenaga pendamping untuk mengawal pelaksanaan Gerakan Bangkit, Mandiri dan Sejahtera Harapan Seluruh Rakyat (Gerbangmas Hasrat) di kabupaten/kota.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua Muhammad Musaad di Jayapura, Jumat, mengatakan 60 tenaga pendamping akan menjadi motivator bagi 60 kampung yang tersebar di 29 kabupaten/kota.

"Penunjukan tenaga pendamping ini sementara tengah digodok, di mana disiapkan untuk tetap menjaga konsisten antara kabupaten dan provinsi," katanya.

Musaad menjelaskan nantinya para tenaga pendamping itu tidak hanya bertugas mendampingi, tetapi juga selaku administrator penggunaan dana desa di kampung-kampung.

"Hal tersebut dilakukan setelah Tim Monitoring dan Evaluasi Papua telah melakukan evaluasi terhadap penggunaan dana Gerbangmas Hasrat," ujarnya.

Dia menuturkan dari hasil evaluasi tersebut pada umumnya program Gerbangmas Hasrat berjalan dengan baik.

"Namun untuk lebih meningkatkan efektivitasnya maka membutuhkan pendampingan yang kini tengah digodok penunjukkannya," katanya lagi.

Dia menambahkan ke depan kampung-kampung berprogram Gerbangmas Hasrat Papua diharapkan dapat menggunakan dana desa dengan baik setelah adanya tenaga pendamping. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024