Merauke (Antara Papua) - Jajaran Kodim 1707/Merauke menggelar lomba panahan tradisional guna memeriahkan HUT ke-115 Kabupaten Merauke, di lapangan Pemkab Merauke, Jalan Brawijaya, Merauke, Papua, pada Sabtu (25/2).

Lomba panahan tradisional yang diikuti oleh 350 orang peserta dari perwakilan tiap-tiap Kelurahan yang ada di Merauke itu, dibuka oleh Bupati Merauke Frederikus Gebze.

Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Heri Krisdianto mengatakan selain memperingati HUT Merauke yang jatuh pada tanggal 12 Februari 2017, lomba panahan tradisional itu juga merupakan upaya melestarikan kearifan lokal yakni aksi memanah.

"Tentunya ajang ini merupakan upaya pemerintah setempat menjaring bibit-bibit atlet panahan berbakat yang dapat mewakili wilayah ini di ajang yang lebih bergengsi," ujarnya.

Sedangkan Bupati Merauke Frederikus Gebze menyampaikan perlombaan panahan tradisional semacam itu sudah dilaksanakan untuk kesekian kalinya.

"Kegiatan ini bukan sekedar acara seremonial saja, namun lebih dari itu sebagai ajang kerukunan dan kebersamaan, utamanya bagi masyarakat Merauke, jangan asal lewat dan berlalu begitu saja," ujarnya.

Ia berharap, khususnya bagi peserta lomba, pelaksaan kegiatan ke depan hendaknya dipersiapkan lebih matang lagi, sehingga hasil yang dicapai dapat lebih optimal.

Usai menyampaikan sambutan, dilanjutkan dengan panahan eksebisi yang dilakukan oleh Bupati Merauke beserta para tamu undangan yang hadir sebagai tanda dibukanya perlombaan panahan tradisional itu.

Turut hadir dalam kegiatan itu Kasi Opsrem 174/ATW, Kolonel Inf R. A. Prasetyo U. Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Heri Krisdianto, Kasdim 1707/Merauke Mayor Inf Boby, Danyonif 755/Yalet Mayor Inf R. Siregar, Dankima Yonmarhalan XI/Merauke, Kapten Mar H. C. Zages.

Hadir pula perwakilan Satrad 211/Merauke Kapten Lek M. Suryaman, perwakilan Polres Merauke AKP Suryadi, Perwakilan Lantamal XI/Merauke Letda Laut Sumardiono, Kepala Bagian Keuangan Kabupaten Merauke Albertus Muyak, Kasatpol PP Merauke Refra dan Kadis PU Kabupaten Merauke H. BL. Tobing serta Kepala Bagian Perbatasan Kabupaten Merauke Mex Cristyan Walinaulik. (*/adv)

Pewarta : Pewarta: Staf Pendam XVII/Cenderawasih
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024