Timika (Antara Papua) - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 98 TA 2017 Kodim 1710/Mimika menggelar penyuluhan HIV/AIDS yang diikuti 40 orang warga Kampung Bhituka SP 13, Distrik Koala Kencana, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, pada Selasa (25/4).

Kodim 1710/Mimika melibatkan pejabat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Mimika yang diwakili oleh Richart guna memberikan penyuluhan tentang HIV/AIDS kepada masyarakat.

Petugas Puskesmas Bhintuka dan petugas medis Satgas TMMD juga terlibat aktif dalam penyuluhan tersebut.

Pihak Kodim Mimika menyatakan penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS itu sangat perlu untuk dilakukan karena Timika merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua dengan pengidap HIV/AIDS cukup tinggi.

Richart dari KPA Mimika menjelaskan tentang HIV AIDS, bahaya HIV/AIDS, cara penularan HIV/AIDS dan cara pencegahan penularan HIV/AIDS.

"HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah suatu virus yang menyebabkan rusaknya atau melemahnya sistem kekebalan tubuh manusia. Virus ini bersemayam dalam cairan tubuh manusia seperti, darah, ASI, cairan sperma dan vagina. Saat manusia kena virus HIV dalam waktu 5 sampai 10 tahun pasien biasa-biasa saja tampak sehat walafiat tetapi pada masa ini pasien sebenarnya sudah sakit dan sudah bisa menularkan virus kepada orang lain," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kapten Rustam selaku koordinator kegiatan menyampaikan imbauan dan ucapan terima kasih kepada masyarakat.

"Bapak-bapak dan mama-mama yang hadir di sini saya ucapkan terima kasih sudah mau hadir, tadi petugas sudah menjelaskan panjang lebar tentang bahaya HIV/AIDS. Saya cuma mau pesan agar kita tidak terkena penyakit ini kita harus setia pada pasangan dan selalu rajin beribadah mendekatkan diri pada Tuhan," ujar Rustam.

Di akhir penyuluhan, pihak puskesmas bersama petugas medis TMMD melakukan pengambilan darah warga guna mengetahui ada atau tidak masyarakat di Kampung Bhituka yang terinfeksi virus HIV/AIDS. (*/adv)


Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024