Wamena (ANTARA) -  Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jayawijaya, seperti Wakil Bupati, Kapolres dan Dandim 1702 melakukan pembahasan terkait penyambutan Presiden Joko Widodo pada tanggal 10 Mei 2017 ke kabupaten itu.

Wakil Bupati Jayawijaya John Banua di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, mengatakan setelah menerima informasi rencana kedatangan Presiden, langsung dilakukan koordinasi dengan Kapolres AKBP Yan Pieter Reba dan Dandim 1702 Letkol Inf Lukas Sadipun.

"Termasuk menyampaikan kepada Bupati Jayawijaya John Wempi Wetipo tentang rencana kunjungan Presiden ke Wamena tanggal 10 Mei nanti," katanya.

Menurut dia, Presiden sudah melakukan kunjungan rutin ke Kabupaten Jayawijaya sehingga pemkab sudah mengetahui apa langkah - langkah yang harus dilakukan untuk menyambut kedatangan Jokowi.

"Dandim dan kapolres juga sudah tinjau lokasi yang menjadi rencana tempat kunjungan Presiden yaitu jalan trans-Papua," katanya.

Sebelumnya, Kepala Biro Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua Suzanna Wanggai, mengatakan pada rencana kunjungan kerja ke Papua tanggal 9-10 Mei nanti, Presiden direncanakan meresmikan bangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw di Kota Jayapura.

"PLBN Skouw sudah siap diresmikan oleh Presiden, bahkan sejak tanggal 15 Maret 2017 telah dilakukan uji coba terhadap warga yang masuk dan keluar wilayah Indonesia melalui pos tersebut," kata Suzanna.

Ia mengatakan berbagai fasilitas penunjang baik untuk bea cukai maupun karantina sudah dioperasionalkan sehingga pelayanan bagi penduduk kedua negara yang ingin keluar dan masuk wilayah RI harus melalui pos PLBN. (*)

Pewarta : Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024