Jayapura (Antara Papua) - Duta Besar Hak Asasi Manusia (HAM) Belanda Kees Van Baar berkunjung ke Provinsi Papua untuk serangkaian kegiatan yang diawali dengan pertemuan tertutup dengan Gubernur Lukas Enembe sekitar tiga jam di Gedung Negara Jayapura, Kamis.

Dari pantauan lapangan, Dubes HAM Belanda Kees Van Baar didampingi Asia Departement of Netherland Embassy Martin Van Lith, Political Affair of Netherland Embassy Brechtje Klandermans, Senior Policy Officer of Netherland Embassy Edwin Arifin.

Sedangkan Gubernur Papua Lukas Enembe didampingi Sekda Provinsi Papua Hery Dosinaen dan Kepala Biro Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi Papua Suzana Wanggai.

Pertemuan tertutup tersebut dimulai sejak pukul 11.00 Waktu Indonesia Timur hingga sekitar pukul 13.00 WIT dan pintu masuk ruang pertemuan dijaga oleh pihak keamanan berbaju safari.

Usai melakukan pertemuan, Dubes HAM Belanda Kees Van Baar dan Gubernur Papua Lukas Enembe berpose bersama di depan Gedung Negara yang baru selesai dibangun serta diresmikan pada 9 April 2017.

"Saya sangat senang bisa mengunjungi Papua dan melihat secara langsung apa yang terjadi di sini," kata Kees Van Baar.



Berdasarkan informasi, meskipun telah lama tinggal di Jakarta, Ibu Kota Negara Indonesia, Kees van Baar baru pertama kali mengunjungi Provinsi Papua.

Dalam kunjungan perdananya ke Papua ini, isu yang dibawanya adalah bagaimana upaya pencegahan kekerasan terhadap masyarakat. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024