Jayapura (Antara Papua) - Bintara pembina desa (Babinsa) Koramil 1711-01/Waropko Serma Usman mendamping masyarakat kelompok tani Kampung Upkim panen padi gogo ladang di Kampung Upkim, Distrik Ninati, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Wakil Komandan (Wadan) Ramil 1711-01/Waropko Letda Inf Yance mengatakan upaya peningkatan produktivitas pangan di Boven Digoel dilakukan dalam beberapa bulan lalu dari mulai tahap pengolahan lahan, penyemaian dan pemeliharaan serta pemupukan padi dapat berjalan dengan baik setelah mendapat pendampingan dari para Babinsa Serma Usman.

"Ditambah dengan adanya semangat dan dorongan dari Dinas Pertanian maupun para Babinsa Koramil 1711-01/Waropko hasil pada yang diharapkan dpaat memuaskan," katanya.

Wadan Ramil juga menyampaikan terima kasih kepada para kelompok tani karena telah turut menyukseskan swasembada pangan di Boven Digoel dan berharap ke depan masyarakat lebih semangat lagi untuk bertani.

Sementara luas lahan padi yang ditanami oleh masyarakat kelompok tani Kampung Upkim, Distrik Ninati seluas lima hektare, sedangkan yang sudah akan di panen seluas dua hektare dengan padi jensi IR 64.

"Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa selama ini kepada para petani telah banyak membawa perubahan terutama cara penanaman dan pemeliharaan mulai dari tanam sampai dengan musim panen," tuturnya.

Menurut dia, yang tidak kalah pentingnya dengan pendampingan ini hasil panen petani meningkat tajam dari sebelumnya. Ini juga sebagai sarana untuk mewujudkan program pemerintah dalam peningkatan program swasembada pangan nasional yang telah dicanangkan.

"Peningkatan ketahanan pangan dimaksudkan untuk mengoperasikan pembangunan dalam rangka mengembangkan sistem ketahanan pangan baik tingkat nasional maupun di tingkat masyarakat," ucapnya.

Ketua Kelompok Tani Kampung Ninati Benediktus Jereng juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah Boven Digoel.

"Juga kepada Koramil 1711-01/Waropko yang sudah membantu kami dari awal hingga saat ini kami dapat melaksanakan panen," ujarnya.

Kegiatan panen padi tersebut juga dihadiri oleh Kepala Distrik Waropko, Danpos Upkim Satgas Yonif 405/SK, Kepala Kampung Upkim, Ketua kelompok tani, para Babinsa Koramil Waropko serta masyarakat setempat. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024