Jayapura (Antara Papua) - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XVIII Papua menyiapkan sebanyak 40 unit sepeda motor untuk digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan menempuh jalan yang belum beraspal guna meninjau proyek jalan Wamena-Habema, pada Rabu (10/5).

Kepala BBPJN Wilayah XVIII Papua Oesman Marbun di Jayapura, Senin, mengatakan sepeda motor yang disiapkan itu jenis trail dan nantinya digunakan setelah kilometer (km) 37 dari 47 km panjang Wamena-Habema.

Dari 10 km yang belum diaspal itu kini masih berbentuk jalan padat tahan cuaca (japat).

"Walaupun disiapkan 40 sepeda motor jenis trail namun belum tentu semuanya digunakan, karena tergantung pada kebutuhan di lapangan," kata Marbun.

Jalan Wamena-Habema merupakan bagian dari jalan Wamena-Mumugu sepanjang 284 km yang pengerjaannya melibatkan Zipur TNI AD sejak 2016.

Di Mumugu nantinya dibangun pelabuhan sehingga barang-barang kebutuhan masyarakat diangkut melalui jalan darat ke Wamena atau daerah lainnya di kawasan pegunungan tengah hingga dapat menekan harga jual yang selama ini tinggi karena diangkut dengan pesawat.

Presiden Jokowi tahun 2015 ke Kenyam dari Timika dan sepulangnya dari kunjungan tersebut langsung memerintahkan Panglima TNI untuk membantu mengerjakan ruas jalan tersebut. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024