Jayapura (Antara Papua)- Dinas Kesehatan Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua mendukung pembentukan tim kesehatan bergerak di wilayah tersebut.

"Kami harus melakukan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat yang ada di balik-balik gunung melalui tim kesehatan bergerak," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Yalimo, Yunus Sambom ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Selasa.

Yunus menilai, konsep perekrutan dan pembentukan tim kesehatan bergerak yang dianjurkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aloysius Giyai merupakan semangat tersendiri bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Yalimo.

Kedepan pihaknya akan berupaya untuk membentuk tim kesehatan bergerak untuk melayani kesehatan masyarakat, karena Gubernur Papua Lukas Enembe sudah menggulirkan dana otonomi khusus sebesar 80 persen ke masing-masing kabupaten, untuk itu harus dimanfaatkan dengan baik.

"Kami berterima kasih kepada bapak Gubernur Papua Lukas Enembe, Kepala Dinas Kesehatan Papua, dan juga Bupati Yalimo karena tengah berkomitmen untuk membantu masyarakat terutama di masyarakat di daerah pedalaman," ujarnya.

Dia menambahkan, penempatan satgas kesehatan kaki telanjang oleh Dinas Kesehatan Papua di Yalimo sangat membantu mereka dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Papua, Aloysius Giyai menyatakan kini pihaknya tengah mendorong pembentukan tim kesehatan bergerak di masing-masing kabupaten dan kota di provinsi itu.

"Dinas Kesehatan Kabupaten harus merekrut dan membentuk tim kesehatan bergerak," katanya.

Pembentukan tim kesehatan bergerak ini, kata dia, terutama pada kabupaten-kabupaten yang bermasalah kesehatan, baik dari sisi jangkauan pelayanan kesehatan, penyediaan tenaga kesehatan, maupun dari geografis dan topografis di kepulauan-kepulauan maupun di daerah pegunungan. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024