Jayapura (Antara Papua) - Irjen Pol Paulus Waterpauw resmi mendaftar di DPD Partai Golkar Provinsi Papua untuk maju dalam pemilihan gubernur (pilgub) Juni 2018.

Ketua Harian DPD Partai Golkar Papua Paskalis Kosai, di Jayapura, Senin, mengungkapkan Irjen Pol Paulus Waterpauw yang masih aktif bertugas sebagai perwira tinggi kepolisian menjadi satu-satunya bakal calon peserta Pilkada Gubernur Papua 2018 yang telah mengembalikan formulir pendaftaran.

Terdata hingga Senin (12/6), sebanyak delapan orang calon kandidat Pilgub Papua yang mengambil formulir pendaftaran di Partai Golkar, namun baru Paulus Waterpauw yang mengembalikan formulir tersebut sebagai bukti telah mendaftar.

"Sudah delapan orang yang mengambil formulir dan baru Paulus Waterpouw yang mengembalikan formulir pendaftaran," ujarnya.

Ia menuturkan Pilkada 2018 di Papua yang akan berlangsung di tingkat provinsi dan tujuh kabupaten, sebaiknya diikuti oleh banyak pasangan agar nuansa demokrasi lebih tercipta.

"Kehadiran Paulus Waterpouw semakin banyak memberikan ruang demokrasi yang sehat bagi tokoh Papua untuk merebut posisi 01 Papua. dengan begitu masyarakat semakin banyak pilihan untuk memilih pimpinannya," kata dia.

"Kami harap proses ini berjalan demokratis supaya pemimpin Papua bisa membawa perubahan lebih baik bagi Papua," sambung Paskalis.

Sementara Paulus Waterpauw menyatakan penyerahan berkas pendaftaran ini untuk memenuhi syarat administarasi pihak partai, sekaligus menjawab berbagai pertanyaan terkait kepastian dirinya untuk ikut bertarung dalam Pilgub Papua 2018 mendatang.

Ia pun menyerahkan proses seleksi kepada pihak Golkar hingga akhirnya partai berlambang pohon beringin tersebut mengeluarkan surat rekomendasi. (*)

Pewarta : Pewarta: Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024