Jayapura (Antara Papua) - Satuan tugas pengamanan perbatasan RI-PNG Yonif Para Raider 432/WSJ Kostrad menggelar karya bakti bersama warga membersihkan lapangan Marketing Point Skouw, Distrik Muaratami, Kota Jayapura, Provinsi Papua, untuk Salat Idul Fitri pada Minggu (25/6).

"Guna menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah yang tinggal beberapa hari lagi, kami menggelar kerja bakti bersama guna penyiapan tempat pelaksanaan Salat Idul Fitri bersama warga muslim yang ada di perbatasan RI-PNG, Skouw dan sekitarnya," kata Komandan Satgas Yonif 432 Kostrad Letkol Inf Ahmad Daud, di Jayapura, Kamis.

Ia mengatakan Salat Idul Fitri bersama yang akan diadakan di Marketing Poit Skouw, diharapkan menambah rasa kebersamaan dan kekeluargaan sehingga jalannya ibadah tahun ini bisa berjalan dengan khitmat, aman dan lancar.

"Perayaan hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada hari Minggu besok, Satgas Pamtas Yonif 432 Kostrad akan menggelar Salat Idul Fitri bersama di lapangan Marketing Point Skouw yang tempatnya berada di sebelah Pos Kotis," katanya.

Sebagai penanggung jawab bagian perlengkapan yaitu, Dankima Lettu Inf Masdar yang sejak pagi tadi memimpin kerja bakti bersama dengan beberapa personil guna menyiapkan lapangan yang akan digunakan untuk pelaksanaan ibadah nanti.

"Kegiatanya bepaya membabat rumput yang sudah meninggi dan pembersihan di sekitar lapangan serta pemasangan spanduk di depan pasar Skouw sebagai pelengkap dalam rangka pelaksanaan Salat Idul Fitri bersama masyarakat perbatasan nantinya," katanya.

"Kami sudah merasa menjadi bagian dari warga masyarakat perbatasan di Skouw, namun demikian ibadah bersama ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan menambah rasa aman serta damai. Kami tetap melaksanakan pengamanan dan pementauan serta berpatroli dalam rangka menjamin keamanan dan kelancaran pada saat pelaksanaan Ibadah Sholat Idul Fitri bersama nanti," kata Heri.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Al Hijrah, Haji Idris sebagai panitia pelaksana mengaku selalu bekerja sama dengan baik dengan semua pihak termasuk Satgas Pamtas untuk menyukseskan pelaksanaan Salat Idul Fitri 1438 H.

"Untuk Khotbah rencananya akan disampaikan oleh Bapak Ustad Makasau Arif. Untuk itu, kami sebagai panitia pelaksana mengajak kepada seluruh masyarakat perbatasan RI-PNG di Skouw khususnya dan masyarakat luas pada umumnya untuk bisa bersama-sama melaksanakan Salat Idul Fitri 1438 H di tempat yang telah disiapkan," katanya.

Usai Salat Idul Fitri nanti direncanakan akan diadakan acara halalbihalal Satgas Pamtas dengan warga masyarakat perbatasan agar rasa kebersamaan tetap terjaga. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024