Biak (Antara Papua) - Delapan kandidat bakal calon bupati Kabupaten Biak Numfor, Papua telah mengembalikan berkas formulir pendaftaran kepada panitia seleksi penjaringan kepala daerah Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Biak Numfor.

Ketua DPC Partai Nasdem Zeth Sandy dihubungi di Biak, Kamis mengatakan, sejumlah bakal calon bupati dan wakil bupati yang sudah mengembalikan berkas akan dilakukan seleksi secara administrasi oleh tim penjaringan sebelum diajukan ke DPW Partai NasDem dan pengurus pusat untuk mendapat rekomendasi dukungan Partai NasDem.

"Partai NasDem sudah menerima pendaftaran 21 bakal calon bupati Biak NUmfor, ya sampai saat ini sudah delapan berkas pendaftaran calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sudah kami terima," ujar Zeth Sandy.

Zeth menyebut, banyak animo calon bupati Biak Numfor mendaftar ke Partai NasDem karena panitia pendaftaran tidak memungut biaya apapun alias gratis atau mahar politik.

Ia mengakui, untuk penentuan siapa calon yang akan didukung Partai NasDem merupakan kewenangan pengurus pusat DPP NasDem dengan memperhatikan hasil survei elektabilitas nama calon dan track record kinerja calon bersangkutan.

Berdasarkan data 21 bakal calon bupati yang telah mendaftar ke Partai NasDem, di antaranya Bupati petahana Thomas Ondy, Wakil Bupati petahana Herry Ario Naap, Ketua DPD Golkar Biak Nehemia Wospakrik, Yotam Wakum SH (ASN Pemkab Supiori).

Serta Sekretaris PDIP Jan Dantje Kbarek, tokoh pemuda Biak Boni Mofu, ajudan Gubernur Lukas Enembe, Nico Ronsumbre, Yan Piet Rawar (Kadisnakertrans Papua), bacabup perempuan Madgalenas Sawias dan Theresia Lusianak serta beberapa bacabup lain.

Hingga Kamis, sejumlah partai politik pemilik kursi keanggotaan DPRD Biak di antaranya Nasdem (4), Demokrat (3), PPP (3), PDIP (2), Gerindra (2), Golkar (3), Hanura (2), PBB (2), PAN (2) dan PKB (1) masih menyeleksi berkas pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati untuk diusung pada pilkada serentak 2018.(*)

Pewarta : Pewarta: Muhsidin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024