Jayapura (Antara Papua) - Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-PNG Yonif 410/Alugoro (Alg) merenovasi gedung sekolah pendidikan anak usia dini (Paud) Yagama PIR IV, Kampung Wonorejo, Distrik Manem, Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Kompi Markas (Dankima) Satgas Pamtas Yonif 410/Alg Lettu Inf Sugiyanto ketika dihubungi dari Kota Jayapura, mengatakan renovasi tersebut merupakan bentuk komitmen untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Keerom di bidang pendidikan.

Hal tersebut sesuai dengan visi `Menghasilkan SDM Keerom yang cerdas, terampil, kompetitif, berkepribadian dan moral untuk mendukung pembangunan daerah`.

"Kami renovasi gedung sekolah Paud sejak awal Juli hingga awal Agustus ini, yang memanfaatkan waktu libur anak sekolah," katanya.

Kegiatan renovasi itu meliputi pengecatan gedung dan sarana bermain, termasuk membuat lukisan atau gambar-gambar animasi berbagai macam tokoh-tokoh binatang dan manusia dalam cerita atau film yang sedang bermain pada bagian dinding, baik didalam maupun diluar ruangan yang dilukis oleh Pratu Arbi.

"Lukisan seperti itu yang biasanya membuat daya tarik tersendiri pada anak-anak sekolah. Untuk menghasilkan lukisan yang bagus dan menarik dibutuhkan ketenangan, kosentrasi dalam berfikir dan yang paling penting antara pikiran dan gerakan tangan harus seirama dan selaras. Apalagi ini lukisan animasi dunia anak-anak mempunyai tingkat kesulitan dan keunikan tersendiri, karena kita harus memahami dan menjiwai dunia anak-anak," kata Sugiyanto.

Hingga kini hasil yang dicapai dalam kegiatan renovasi gedung sekolah Paud sudah 100 persen atau selesai, sehingga para guru terlihat lebih semangat didalam melaksanakan pengajaran kepada anak-anak didiknya.

"Waduh bagus sekali ini sekolah, terlihat seperti baru. Apalagi itu ada beberapa lukisan di sepanjang dinding. Tidak menyangka bapak-bapak tentara punya jiwa seni juga ya, bisa melukis, seperti cerita di film-film TV, unik. Anak-anak pada senag bukan main. Luar biasa TNI," kata Kepala PAUD Yulfa yang dihubungi terpisah.

Tidak hanya guru yang terpesona, murid-murid Paud Yagama juga ikut terkagum-kagum, dengan gedung sekolah Paud yang telah dicat baru dan ada lukisan animasi. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024