Yapen (Antara Papua) - Ratusan pelajar SD, SMP dan SMA di daerah pelosok di Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua, dibekali wawasan kebangsaan oleh Komandan Kodim (Dandim) 1709/Yawa Letkol Inf Sat Hari Wibowo, pada Selasa (15/8).

Pelajaran wawasan kebangsaan itu diikuti sekitar 600 orang pelajar SD hingga SMA, yang digelar di Ruang Serba Guna SMP Negeri Marikai.

Selain Dandim Yawa, pengurus Persit KCK Cabang XXII Kodim Yawa juga ikut serta.

Hadir pula, Pengganti Jabatan Sementara (PJS) Danramil 1709-05/Wartas Pelda M. Rustam, Kepala Kampung Marikai Simson Buburayai, Kepala Sekolah SD Marikai Bernadus Dasnaba, Kepala Sekolah SMP Marikai Marten Ramandei, dan Kepala Sekolah SMA Marikai Muhamad Raflan Basfu.

Di penghujung sosialisasi kebangsaan, dilakukan pembagian buku kepada 600-an orang siswa dan siswi gabungan dari SD hingga SMA.

Letkol Sat Hari Wibowo mengaku beserta rombongan sengaja datang ke daerah pelosok itu untuk memberikan pembekalan materi wawasan kebangsaan agar para pelajar dapat mengetahui keindahan Indonesia dengan kehidupan yang berpedoman kepada Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila yang menjadi dasar dari negara.

"Kita semua dapat hidup berdampingan dengan damai serta terhindar dari isu-isu serta polemik yang akan memutuskan tali persaudaraan dan persatuan kita sebagai penerus masa depan Bangsa Indonesia," ujarnya.

Sebastian Kumbubui yang merupakan salah seorang siswa dari SMA Marikai mengaku sangat senang bisa mendapatkan pembekalan wawasan kebangsaan dari Dandim 1709/Yawa beserta para rombongan.

"Selain mendapatkan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan dan bela negara, kami juga mendapatkan buku tulis yang dapat memotivasi untuk lebih giat lagi dalam belajar dan menimba ilmu di sekolah," ujarnya. (*/adv)

Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024