Timika (Antara Papua) - Kepolisian Resor Mimika, Papua mengajukan dana Rp5 miliar ke pemkab setempat untuk membiayai pengamanan agenda pilkada serentak pada Juni 2018.

Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon di Timika, Kamis, mengatakan dana Rp5 miliar itu digunakan untuk membiayai seluruh kegiatan pengamanan Pilkada Mimika dan Pilgub Papua yang berlangsung bersamaan pada 2018 yang mana tahapannya telah dimulai sejak 2017 ini.

"Usulan anggaran pengamanan Pilkada sudah kami sampaikan ke Pemkab Mimika untuk selanjutnya dibahas dan ditetapkan dalam RAPBD Perubahan 2017 dan APBD 2018," kata Victor.

Adapun KPU Mimika beberapa waktu lalu mengusulkan anggaran biaya Pilkada setempat sebesar Rp80 miliar.

Namun sesuai hasil rapat bersama antara Pemkab Mimika bersama DPRD setempat belum lama ini, diputuskan bahwa anggaran biaya Pilkada Mimika sebesar Rp50 miliar.

Terkait agenda Pilkada di Mimika tahun 2018, hingga kini Pemkab setempat belum menandatangani Nota Penyerahan Hibah Daerah (NPHD) ke KPU setempat untuk memulai proses tahapan Pilkada.

Padahal agenda Pilkada serentak pada 2018 akan segera dimulai pada 27 September 2017 mendatang.

Mimika merupakan salah satu dari tujuh kabupaten di Provinsi Papua yang menyelenggarakan agenda Pilkada serentak pada Mei 2018.

Padahal masa jabatan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakilnya Yohanis Bassang baru akan berakhir pada 6 September 2019.

Pasangan Omaleng-Bassang yang maju dari jalur perseorangan terpilih melalui Pilkada Mimika putaran kedua pada Mei 2014. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024