Yapen (Antara Papua) - Jajaran Kodim 1709/Yawa menggelar pemeriksaan kesehatan khusus wanita yakni deteksi dini kanker payudara dan pemeriksaan kanker rahim atau IVA (Inspeksi Visual Asam asetat) tes, pada Jumat (22/9).

Pada bakti sosial yang digelar dalam rangka peringatan HUT ke-72 TNI itu, Kodim Jawa menggandeng para bidan dari Puskesmas Kota Serui, dan pengurus Persit KCK Cabang XXII Kodim Serui.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Sat Hari Wibowo dihadiri oleh Ketua Persit KCK Cabang XXII Kodim Serui Ny Minhas Hari Wibowo, Bidan Koordinator Puskesmas Serui Kota Patrisia Saklaressy SSt, serta sekitar 160 orang anggota Persit KCK Cabang XXII, yang hadir guna memeriksakan kesehatan mereka.



Dalam sambutannya Dandim 1709/Yawa Letkol Sat Hari mengatakan peran dari pengurus Persit KCK sangat berpengaruh terhadap kedinasan dari suami masing-masing.

"Saya berharap agar para ibu-ibu Persit harus bisa menciptakan suasana yang adem di dalam rumah sehingga bisa mendorong para suami masing-masing untuk bisa berprestasi dalam tugasnya, karena dengan melaksanakan dinas dengan baik itu bagian dari prestasi yang baik," ujarnya.

Ketua Persit KCK Cabang XXII Kodim Serui Ny Minhas mengatakan pemeriksaan deteksi dini kanker payudara dan IVA tes merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahunnya.



"Kita bisa untuk melaksanakan pendektesian dini terhadap gejala kanker payudara dan kanker serviks dan mencegahnya agar tidak menjangkitkan penyakit tersebut," ujarnya.

Disela-sela kegiatan, Bidan Koordinator di Puskesmas Kota Serui Patrisia Saklaressy mengucapkan banyak terima kasih kepada para pengurus Persit yang sudah bersedia untuk memeriksakan kesehatan sehingga dapat mecegah terjadinya kanker sejak dini. (*/adv)

Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024