Jayapura (Antara Papua) - Kodim 1701/Jayapura bekerja sama dengan tim Klinik Mipa dan Pusat Teritorial Angkatan Darat menggelar seminar dan wisata matematika bela negara, di Jayapura, Provinsi Papua, Rabu (15/11).

Seminar yang bertujuan mewujudkan generasi muda penerus bangsa yang handal, terpelajar, memiliki budi pekerti luhur, memiliki etika yang baik, bermoral dan tidak minus karakter itu, dibuka oleh Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Nova Ismailiyanto.

Kegiatan itu berlangsung selama dua hari berturut-turut yakni 13-14 November 2017, dengan menghadirkan para Babinsa jajaran Kodim 1701/Jayapura dan Kepala Sekolah SMP se-Kota Jayapura serta 50 orang siswa-siswi SMP Kristus Raja Kota Jayapura.



Hari pertama kegiatan, dilaksanakan pukul 07.00 WIT sampai pukul 12.00 WIT, para Babinsa dan Kepala Sekolah SMP se-Kota Jayapura yang menjadi peserta Seminar dan Wisata Matematika Bela Negara.

Pada pukul 13.30 WIT sampai pukul 17.00 WIT para Babinsa difokuskan untuk mendapat pendalaman materi Wisata Matematika sehingga diharapkan pada saat kembali ke Koramil masing-masing, dapat menerapkan ilmu yang telah didapat di sekolah binaan masing-masing.

Pada hari kedua, dimulai pukul 07.30 WIT sampai dengan pukul 15.30 WIT, Babinsa Koramil jajaran Kodim 1701/Jayapura yang telah mendapat pembekalan didamping oleh Tim Mipa, mempraktekkan langsung ilmu yang telah didapat terhadap 50 orang siswa-siswi SMP Kristus Raja Kota Jayapura di Makodim 1701/Jayapura.

"Hasilnya pun sangat memuaskan karena para siswa-siswi SMP Kristus Raja Kota Jayapura sangat antusias, bergembira ria dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan tersebut," ujar Letkol Inf Nova Ismailiyanto.

Dandim 1701/Jayapura sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena menurutnya,  permainan Matematika Bela Negara itu sangat mudah diterima oleh para siswa-siswi selaku generasi muda yang nantinya bakal menjadi calon penerus pemimpin-pemimpin bangsa ini.



Selain bentuk penyajiannya yang unik dan kreatif, permainan ini juga terdiri dari unsur permainan matematika yang diintegrasikan dengan wawasan bela negara.

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat meraih minat anak-anak didik di tiap sekolah, khususnya sekokah-sekolah binaan Kodim 1701/Jayapura karena permainan matematika bela negara ini merupakan salah satu cara untuk lebih meningkatkan wawasan kebangsan sejak dini dan ini adalah merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama. (*/adv)

Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024